token ring vs fddi

Token Ring

Protocol token ring dikembangkan oleh IBM pada pertengahan 1980an. Metode yang digunakan adalah token passing diaman computer yang telah terkoneksi mendapatkan sinyal dari jaringan yang bergerak keliling mencari penerimanya. Jika satu computer bukan penerima data yang ada pada jaringan maka data tersebut akan melewati computer tersebut hingga menemui penerimanya

Token ring menggunakan twisted pair atau kabel fiber optic, namun dalam perkembangannya teknologi ini jarang digunakan dalam lingkup sekolah2 karena lebih banyak yang memakai Ethernet.

Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.

Ada tiga tipe pengembangan dari Token Ring dasar: Token Ring Full Duplex, switched Token Ring, dan 100VG-AnyLAN. Token Ring Full Duplex menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. Switched Token Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data di antara segmen LAN (tidak dalam devais LAN tunggal). Sementara, standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung baik format Ethernet maupun Token Ring pada kecepatan 100 Mbps.


FDDI

( Fiber Distributed-Data Interface ) adalah standar komunikasi data menggunakan fiber optic pada LAN dengan panjang sampai 200 km.

Protokol FDDI berbasis pada protokol Token Ring. FDDI terdiri dari dua Token Ring , yang satu ring -nya berfungsi sebagai ring backup jika seandainya ada ring dari dua ring tersebut yang putus atau mengalami kegagalan dalam bekerja. Sebuah ring FDDI memiliki kecepatan 100 Mbps.



Fiber Distributed Data Interface adalah sebuah protocol jaringan yang biasanya digunakan untuk menyambungkan dua atau lebih jaringan LAN pada jarak yang jauh. Metode yang digunakan adalah token passing dan pada FDDI memiliki dual ring topologi yang mempunyai fungsi jika suatu error muncul maka FDDI dapat mengoper kepada ring kedua dan melanjutkan kerja jaringan tersebut.

Keuntungan utama dari FDDI adalah kecepatannya yang melalui kabel fiber optic.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar